Home Berita Pilihan Dinas Pariwisata Surakarta Tawarkan Wisata Blusukan Kampung Bersejarah

Dinas Pariwisata Surakarta Tawarkan Wisata Blusukan Kampung Bersejarah

SHARE

Surakarta – Kepala Dinas Pariwisata Surakarta, Basuki Anggoro Hexa, mengatakan bahwa kota tersebut menawarkan destinasi wisata baru yaitu blusukan ke kampung-kampung bersejarah. Pembukaan destinasi wisata baru ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Pada tahap awal ini kami menyiapkan Kampung Kemlayan dan Kepatihan untuk menjadi sebuah destinasi,” kata Anggoro pada Kamis (31/8).

Wisatawan akan dapat berkeliling kedua kampung tersebut akhir pekan ini. Adapun penetapan kedua kampung tersebut menjadi destinasi wisata baru adalah karena memiliki sejarah tinggi.

Kampung Kemlayan misalnya, dahulu kampung tersebut adalah tempat tinggal para empu gamelan. Sementara itu, Kampung Kepatihana adalah salah satu pusat pemerintahan selain di kawasan Keraton Kasunanan Surakarta. Kedua kampung tersebut juga masih memiliki banyak benda dan bangunan bersejarah.

Untuk menarik perhatian wisatawan, pihak Dinas Pariwisata menggelar acara Gelar Potensi Wisata Kampung pada akhir pekan ini. Para wisatawan akan didampingi sejarawan selama acara ini digelar.

Selanjutnya, Dinas Pariwisata berharap masyarakat penduduk kedua kampung tersebut dapat menjadi pemandu wisata. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai data dan penelitian sejarah yang dibuat oleh para akademisi agar bisa digunakan oleh para pemandu selanjutnya.

Koordinator Gelar Potensi Wisata Kampung Surakarta, Fafa Utami, berharap kedua kampugn tersebut bisa menjadi destinasi wisata baru. Selama ini, Surakarta hanya dikenal memiliki dua destinasi wisata kampung yaitu Kampung Kauman dan Kampung Laweyan. Keduanya dikenal sebagi kampung wisata batik.

Sebenarnya, menurut Fafa, ada beberapa kampung yang lebih menarik daripada Kemlayan dan Kepatihan untuk dijadikan destinasi wisata baru. Namun, untuk tahap ini, kedua kampung tersebut diperkenalkan terlebih dahulu karena catatan sejarah keduanya sudah cukup lengkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here