Home Dunia Amerika Darurat Gempa Meksiko : Bencana Alam Ini Tewaskan Sedikitnya 60 Orang

Darurat Gempa Meksiko : Bencana Alam Ini Tewaskan Sedikitnya 60 Orang

SHARE
Dampak Gempa Meksiko (foto: EPA)

Meksiko – Gempa berkekuatan 8,2 Skala Richter (SR) terjadi di pantai Pasifik bagian selatan Meksiko. Gempa ini menewaskan setidaknya 60 orang sehingga pemerintah Meksiko langsung mengumumkan bahwa negara dalam kondisi darurat.

Gempa yang terjadi pada Jumat (8/9) itu disebut-sebut sebagai gempa terbesar dalam seabad terakhir. Sejumlah infrastruktur rusak berat bahkan hancur.

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, mengungkapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya kepada keluarga korban yang meninggal dunia. Ucapan tersebut dia sampaikan melalui Twitter pribadinya pada keesokan harinya, Sabtu (9/9).

Menurut catatan Departemen Pertahanan Sipil Meksiko, ada 45 korban tewas di wilayah negara bagian Oaxaca. Sedangkan sebanyak 17 orang tewas ditemukan di Kota Juchitan. Di negara bagian Chiapas, ditemukan ada 12 orang tewas. Dua orang anak dan seorang warga ditemukan tewas di Tabasco. Seorang bayi meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit. Pemadaman listrik yang dipicu oleh gempa bumi itu membuat sang bayi tidak bisa mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya.

“Prioritas pemerintah di Juchitan adalah mengembalikan suplai air bersih dan makanan serta menyediakan layanan kesehatan bagi yang membutuhkan,” tulis Pena Nieto di Twitternya.

Usai gempa, Pena Nieto langsung meninjau wilayah-wilayah terdampak gempa. Dia mengatakan bahwa energi listrik telah disalurkan kembali ke 800.000 ribu warga. Sebelumnya, satu juta warga kehilangan akses terhadap sumber energi listrik. Pena Nieto mengimbau warga untuk selalu mengecek ketersediaan pasokan energi gas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here