Home Dunia Asia Pasifik Halimah Yacob Jadi Presiden Perempuan Pertama Singapura

Halimah Yacob Jadi Presiden Perempuan Pertama Singapura

SHARE

Singapura – Halimah Yacob akan dilantik menjadi presiden kedelapan Singapura pekan ini. Dia mengukir sejarah sebagai presiden perempuan pertama Singapura.

Halimah adalah satu-satunya calon presiden yang dinyatakan berhak mengikuti pemilihan oleh Komite Pemilihan Presiden pada Senin (11/9).

“Apakah ada pemilihan atau tidak, semangat dan komitmen saya untuk melayani rakyat Singapura tetap sama,” kata mantan ketua parlemen berusia 63 tahun ini seperti dikutip dari Strait Times, Selasa (12/9).

Halimah juga merupakan satu-satunya dari tiga calon bersuku Melayu yang memenuhi syarat mencalonkan diri sebagai presiden. Dua kandidat lainnya, Farid Khan (61) dan Salleh Marican (67), tidak memenuhi syarat mengikuti pemilihan presiden.

Berbagai reaksi dari berbagai tokoh masyarakat menanggapi perihal Halimah Yacob menjadi Presiden Singapura.

“Madam Halimah adalah minoritas ganda — tidak hanya individu Melayu-Muslim, tapi juga perempuan,” kata Wakil Direktur Institut Studi Kebijakan, Gillian Koh, dilansir Antara.

Akan tetapi, Koh merasa penerimaan keragaman rakyat Singapura akan lebih hebat jika ada kontes terbuka. Sementara itu, profesor ilmu politik Bilveer Singh dari National University of Singapore mengatakan bahwa terpilihnya Halimah melalui jalan pintas tidak melemahkan atau mendelegitimasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here