Home Berita Pilihan Dua Bunga Bangkai Jenis Tertinggi di Dunia Ditemukan di Bukit Bungkuk

Dua Bunga Bangkai Jenis Tertinggi di Dunia Ditemukan di Bukit Bungkuk

SHARE
Ilustrasi bunga bangkai (foto: Kompas)
Ilustrasi bunga bangkai (foto: Kompas)

Pekanbaru – Dua bunga bangkai ditemukan tumbuh di kawasan Cagar Alam (CA) Bukit Bungkuk, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Bunga bangkai dengan nama ilmiah Amorphopallus gigas ini diklaim sebagai jenis bunga bangkai tertinggi di dunia.

Dua bunga bangkai yang ditemukan berukuran panjang 3,97 meter dan 3,30 meter. Kondisi keduanya tampak sudah mempunyai bunga yang menguncup ke atas.

Menurut Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Bintang Hutajulu, Minggu (17/9), bunga bangkai jenis tersebut tertinggi di dunia karena mempunyai ciri khas batang menjulang. Informasi ini didapatkan dari berbagai literatur bunga bangkai jenis itu.

Penemuan bunga ini dilaporkan oleh warga ke BBKSDA. Usai mendapatkan laporan, petugas BBKSDA bersama warga segera mengunjungi lokasi. Letak bunga tersebut di antara semak belukar di tepi sungai kecil.

Warga diminta bersama-sama dengan petugas BBKSDA untuk melindungi bunga langka tersebut.

“Beberapa waktu lalu, bunga tersebut menembang selama dua hari. Bunga itu akan mekar lagi dalam waktu dua bulan,” tambah Kepala Balai Besar KSDA Riau, Mahfud, dilansir Kompas.

Bunga bangkai lainnya juga ditemukan di antara pohon bambu dan karet tak jauh dari kedua bunga bangkai jenis tertinggi di dunia itu. Ukuran bunga bangkai yang lain itu 2 meter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here