Home Peristiwa Hukum dan Kriminalitas PNS Muna Ditangkap Ketika Hendak Rakit Air Softgun Jadi Senjata Api

PNS Muna Ditangkap Ketika Hendak Rakit Air Softgun Jadi Senjata Api

SHARE
Ilustrasi Pria Berpistol
Ilustrasi Pria Berpistol

Baubau – AH, seorang PNS di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, ditangkap saat hendak merakit air softgun menjadi senjata api oleh Polsek Wolio Kota Baubau. Dia ditangkap bersama temannya yang berinisial MJ. Mereka berdua ditangkap di salah satu bengkel bubut di Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio, Kota Baubau.

Menurut keterangan Kasat Reskrim Polres Baubau, AKP Diki Kurniawan, Jumat (22/9), pihak kepolisian masih mengembangkan kasus penangkapan ini untuk mengetahui apa motif keduanya merakit senjata api.

Keduanya ditangkap setelah masyarakat melapor kepada polisi bahwa ada beberapa orang yang sedang merakit senjata api di bengkel bubut tersebut. Setelah mendapatkan laporan tersebut, Kapolsek Wolio, AKP Anwar, langsung mendatangi lokasi bersama anak buahnya.

Saat mendatangi lokasi bengkel bubut, polisi melihat sebuah mobil terparkir tak jauh dari bengkel. Mobil yang berisi AH dan MJ itu sebelumnya hendak bergeser. Namun, polisi menghentikan mobil tersebut dan menggeledah isinya.

“Hasilnya terdapat dua buah tas hitam dan coklat, milik AH, didalamnya ditemukan beberapa protolan yang diduga rakitan senjata api,” ujarnya, dilansir Kompas.

Polisi juga menyita enam butir peluru kaliber 9, dua butir peluru hampa, satu plat berbentuk magazine, satu buat magazine yang sudah dirakit, satu buah magazine yang belum dirakit, dan satu senjata api rakitan yang sudah dibongkar.

Di dalam saku celana bagian depan MJ, polisi menemukan sembilan butir amunisi kaliber 9 mm. MJ dan AH terancam Undang-Undang Darurat Pasal 1 Ayat 2 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here