Home Berita Pilihan Setya Novanto Tidak Lagi Tersangka Korupsi e-KTP, KPK Kecewa

Setya Novanto Tidak Lagi Tersangka Korupsi e-KTP, KPK Kecewa

SHARE
Febri Diansyah
Febri Diansyah

Jakarta – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan status Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan e-KTP tidak sah pada Jumat (29/9) kemarin. Hakim PN Jaksel, Cepi Iskandar, memenangkan gugatan praperadilan yang diajukan Setya Novanto itu.

Atas keputusan hakim, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan kekecewaannya. Pernyataan ini disampaikan oleh Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

“KPK kecewa dengan putusan praperadilan ini karena semua bukti yang relevan, baik yang sifatnya formil maupun sifatnya materil bahkan ada rekaman yang kita juga minta diperdengarkan ditolak untuk diperdengarkan oleh hakim,” kata Febri kepada wartawan, Jumat (29/9), dilansir CNN Indonesia.

Meskipun demikian, KPK menghormati keputusan PN Jaksel. Sebagai institusi penegak hukum, KPK menghormati produk dari institusi peradilan.

KPK membantah bahwa KPK tidak memiliki bukti permulaan cukup saat menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka seperti yang dikatakan hakim praperadilan Cepi Iskandar. Febri mengatakan bahwa KPK sudah memiliki setidaknya tiga bukti, dokumen-dokumen, surat-surat, dan keterangan dari saksi ahli sejak dalam proses penyelidikan.

Dalam sidang praperadilan tersebut, biro hukum KPK sempat meminta hakim untuk memutar rekaman percakapan telepon. Rekaman tersebut berisi sejumlah dugaan keterlibatan Setya Novanto dalam kasus e-KTP. Akan tetapi, atas asas praduga tak bersalah, hakim Cepi menolak rekaman tersebut untuk diputar. Padahal, KPK memiliki lebih banyak bukti daripada yang disampaikan di praperadilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here