Home Berita Pilihan Eggi Sudjana Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Ujaran Kebencian

Eggi Sudjana Dilaporkan ke Polisi Atas Dugaan Ujaran Kebencian

SHARE
Eggi Sudjana (foto: Tirto.id)
Eggi Sudjana (foto: Tirto.id)

Jakarta – Pengacara Eggi Sudjana dilaporkan ke Bareskrim  atas dugaan ujaran kebencian yang bernuansan Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA). Pelapornya adalah Dewan Pimpinan Nasional Perhimunan Pemuda Hindu (DPN Peradah) Indonesia.

Laporan tersebut diterima dalam LP/1016/X/2017/Bareskrim tertanggal 5 Oktober 2017. Eggi disangkakan Pasal 45 ayat 2 dan atau Pasal 28 ayat 2 Undang-undang Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Ada video viral di media sosial, kemudian Eggi memberikan statement yang agak mengganggu rasa rasa kebinekaan sebagai WNI. Pernyataan beliau itu mengatakan pemeluk agama selain Muslim itu bertentangan dengan Pancasila, hanya Islam yang sesuai dengan Pancasila,” kata Ketua DPN Peradah Indonesia, Suresh Kumar, saat dihubungi, Kamis (5/10), dilansir CNN Indonesia.

Pihak DPN Peradah Indonesia mengaku sangat terusik dengan pernyataan Eggi yang bernuansa SARA tersebut. Menurut Suresh, pernyataan Eggi bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Sejumlah barang bukti diserahkan pihak DPN Peradah Indonesia. Bukti-bukti tersebut terkait dengan pernyataan Eggi. Video tersebut diduga diambil saat Eggi menghadiri sidang pengujian Peraturan Pemerintah Pengganti Undang Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) pada Selasa (19/9).

Beberapa barang bukti termasuk adalah video dari media sosial YouTube dan beberapa pemberitaan di media online. Pihak DPN Peradah Indonesia menduga kuat bahwa orang yang memberikan pernyataan di video YouTube tersebut adalah Eggi Sudjana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here