Home Berita Pilihan Delapan Orang Terluka dalam Bentrokan Antarmahasiswa Universitas Riau

Delapan Orang Terluka dalam Bentrokan Antarmahasiswa Universitas Riau

SHARE
Bentrok Mahasiswa FISIP dan Teknik Universitas Riau (foto: Kompas)
Bentrok Mahasiswa FISIP dan Teknik Universitas Riau (foto: Kompas)

Pekanbaru – Delapan mahasiswa mengalami luka-luka dalam  bentrokan yang terjadi antara puluhan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dan Fakultas Teknik Universitas Riau (UR). Bentrokan terjadi di areal gedung FISIP UR di Panam, Pekanbaru, pada Kamis (5/10) sekitar pukul 17.30 WIB. Suasana mencekam masih terasa hingga malam hari.

Untuk meredakan aksi tawuran tersebut, polisi mengerahkan tim anti huru-hara ke lokasi.

“Awalnya kita kerahkan beberapa personel Polsek Tampan dan beberapa personel dari Polresta. Namun malam ini kita menambahkan 1 pleton dari tim Sabhara,” tegas Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi, yang memimpin anggota di lokasi, dilansir Kompas.

Aksi tawuran bermula saat mahasiswa Fakultas Teknik UR mengadakan konvoi ke gedung Fakultas FISIP dengan menggunakan sepeda motor. Kemudian, mahasiswa Teknik tersebut mengejek mahasiswa FISIP yang sedang menggelar wisuda. Beberapa mahasiswa FISIP lantas menanggapi ejekan tersebut sehingga terjadi keributan. Tak lama kemudian, aksi saling adu jotos massal pun terjadi.

Bertambahnya massa yang bentrok mengakibatkan aksi berlangsung menjadi saling lempar dan merusak gedung FISIP. Akibatnya, kaca gedung hancur dan karangan bunga rusak. Beberapa massa yang belum diketahui asalnya membakar beberapa karangan bunga. Belum diketahui motif awal aksi mahasiswa Teknik mengejek mahasiswa FISIP itu.

“Padahal masalahnya sepele saja saling ejek. Mahasiswa Teknik tidak menghargai temannya yang sedang wisuda dan berusaha memprovokasi,” tambah Edy yang juga mantan Kapolres Kampar ini.

Kabag Polinmas Pemprov Riau, Chairul Rizki, mengatakan bahwa delapan mahasiswa yang terluka dirawat di rumah sakit milik universitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here