Home Berita Pilihan Menhub Rencanakan Pembangunan Kereta Api Semi Cepat Jakarta-Surabaya Tahun 2018

Menhub Rencanakan Pembangunan Kereta Api Semi Cepat Jakarta-Surabaya Tahun 2018

SHARE
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa proyek penyediaan layanan kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya bisa dimulai tahun 2018. Pernyataan itu dia sampaikan saat ditemui di Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jawa Timur, Minggu (8/10).

Dari hasil diskusinya dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, KA semi cepat Jakarta-Surabaya akan menggunakan jalur yang sudah ada. Program ini diharapkan dapat menyelesaikan banyak hal misalnya persoalan lintas sebidang di Jakarta-Surabaya sebanyak 800 titik.

Dalam rincian proyek yang disampaikan Budi, rencananya Jakarta-Semarang akan selesai dalam dua tahun sudah termasuk elektrifikasi di jalur rel ganda yang sudah ada. Dua tahun berikutnya jalur Semarang-Surabaya akan selesai.

Kecepatan kereta semi cepat ini maksimum 120 km/jam. Dengan demikian, jalur Jakarta-Surabaya akan dapat ditempuh dalam waktu lima jam.

Proyek ini diperkirakan akan menghabiskan biaya sekitar Rp60 triliun. Biaya tersebut sudah termasuk pengurusan 800 perlintasan sebidang KA Jakarta-Surabaya sekitar Rp20 triliun. Estimasi kebutuhan investasi ini turun dari sebelumnya yang sebesar Rp80 triliun.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan ikut dilibatkan untuk pengerjaan lintas sebidang kereta api baik berupa jalan bawah jembatan atau jalan layang. Kementerian PUPR juga memiliki kewenangan untuk urusan lintas sebidang.

“Perkiraan awal untuk per lintas sebidang Rp25 miliar atau sekitar Rp20 triliun untuk 800 lintas sebidang Jakarta-Surabaya dengan lama pembangunan bisa dicicil hingga lima tahun atau lebih,” kata Budi, dilansir Antara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here