Home Berita Pilihan Anjing K9 BNN Bantu Awasi Peredaran Narkotika di Ruang Publik

Anjing K9 BNN Bantu Awasi Peredaran Narkotika di Ruang Publik

SHARE
Anjing K9 (foto: Antara)
Anjing K9 (foto: Antara)

Jakarta – Pasukan anjing K9 milik Badan Narkotika Nasional (BNN) akan dikerahkan untuk mengawasi peredaran narkotik di bandara, pelabuhan, stasiun, hingga terminal. Pengerahan pasukan anjing K9 tersebut adalah salah satu bentuk kerja sama antara BNN dan Kementerian Perhubungan.

Kepala BNN, Budi Waseso, memprediksi adanya kerawanan untuk narkotik di tempat-tempat tersebut. Pihak BNN berharap pasukan anjing K9 bisa dimanfaatkan untuk mengawasi ruang-ruang publik tersebut.

Beberapa kali pihak BNN telah menemukan narkotik yang diselundupkan melalui tisu, cairan, makanan, dan minuman di bandara dan pusat transportasi publik lainnya. BNN mengaku mereka harus mengatur strategi agar tidak kalah cepat dengan bandar.

Di tempat yang sama yaitu di Gedung BNN, Jakarta, Selasa (9/10), Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mendukung penuh pemanfaatan pasukan anjing K9 milik BNN.

“Kami juga akan memanfaatkan pasukan K9 BNN di bandara Soekarno–Hatta, Medan, Manado. Dan, intensifkan juga di kereta api,” kata Budi, dilansir CNN Indonesia.

Semua pengguna moda transportasi nantinya juga akan diberikan penyuluhan kampanye antinarkotik mulai dari poster hingga video. Kampanye ini nantinya akan dipasang di armada di tiap moda transportasi.

Anjing K9 merupakan sebutan untuk pasukan anjing khusus yang dilatih pihak kepolisian untuk membantu tugas-tugas polisi. BNN memiliki pasukan anjing K9 yang terdiri dari anjing Belgian Malinois, German Shepherd, dan Beagle.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here