Home Berita Pilihan Dongeng Membangun Karakter Bangsa

Dongeng Membangun Karakter Bangsa

SHARE
LIPI
LIPI

Jakarta – Dongeng adalah salah satu alat untuk membangun karakter bangsa. Untuk itu, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mego Pinandito, mengajak generasi muda untuk menghidupkan dongeng.

Mego, yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Memory of the World (MOW) Indonesia itu, pada Selasa (24/10) mengatakan bahwa dongeng dapat menumbuhkan nasionalisme dan menjadi media nilai-nilai budaya untuk membangun karakter bangsa.

Selain itu, dongeng adalah sarana pengamanan dan perlindungan warisan budaya yang ada di Indonesia. Dongeng mempunyai nilai sejarah yang tidak ternilai dengan uang.

Indonesia mempunyai nilai warisan budaya yang sangat bernilai. Warisan ini perlu dilestarikan. Suatu bangsa akan dianggap memiliki harkat dan martabat yang baik apabila nilai-nilai budayanya tetap lestari. Peran nilai budaya sangat penting untuk perkembangan pengetahuan dari generasi ke generasi.

Untuk melestarikan budaya bangsa, nilai-nilai tersebut dapat diimpelementasikan melalui dunia pendidikan. Warisan budaya harus didokumentasikan secara tertulis agar dapat dipelajari generas masa kini dan masa mendatang.

“MOW sebagai Ingatan Kolektif Dunia yang berperan penting dalam sejarah umat manusia sebagai pengingat agar mereka sadar akan keberadaannya dengan segala peristiwa yang dialaminya. Hal ini berkaitan dengan aktualisasi nilai-nilai kebangsaan melalui warisan budaya dengan tujuan untuk penguatan karakter generasi muda,” katanya, dilansir Antaranews.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here