Home Berita Pilihan Pembangunan Tol Trans Sumatra Dipercepat

Pembangunan Tol Trans Sumatra Dipercepat

SHARE
Trans Sumatra
Trans Sumatra

Jakarta – Indonesia yang bekerja sama dengan Jepang telah sepakat untuk mempercepat pembangunan infrastruktur salah satunya adalah terowongan pendukung pembangunan jalan tol Trans Sumatra ruas Padang- Bukittinggi-Pekanbaru.

“Kami ingin mempercepat itu. Jadi, nanti Januari bisa dimulai proyeknya,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (27/10), dilansir CNN Indonesia.

Untuk itu, dia berharap penyelidikan tanah guna membangun terowongan dapat selesai dalam beberapa bulan mendatang.

Keputusan untuk mempercepat proyek itu telah disepakati oleh Ketua Asosiasi Jepang-Indonesia, Yasuo Fukuda, sejumlah pengusaha Jepang, dan Presiden RI Joko Widodo, saat melakukan pertemuan di Istana Merdeka, Sabtu (28/10) pagi.

Selain proyek Trans Sumatra, ada proyek lain yang akan dikerjakan yaitu pembangunan jalan akses Pelabuhan Patimban tahap pertama 8,1 kilometer. Proyek tersebut menghubungkan Pelabuhan Patimban dengan Jalan Nasional Pantura.

Proyek tersebut juga akan terhubung dengan Jalan Tol Cipali sepanjang 40 kilometer. Rencananya, proyek tersebut akan dibangun pada tahun 2020. Perkiraan biaya kontruksi pembangunan jalan itu sebesar Rp3,86 triliun.

“Istilah mereka dalam Bahasa Jepang, sesuai dengan visinya Pak Jokowi, akan dikerjakan cepat-cepat,” ucap Basuki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here