Home Berita Pilihan Polda Metro Jaya Sita 86 Kilogram Sabu

Polda Metro Jaya Sita 86 Kilogram Sabu

SHARE
Ilustrasi sabu-sabu (foto: AFP)
Ilustrasi sabu-sabu (foto: AFP)

Jakarta – Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mengungkap penyelundupan narkotika yang diduga merupakan produk jalinan antar Taiwan dan Indonesia. Narkotika jenis sabu itu disimpan di dalam forklift dan ditemukan seberat 86,271 kilogram.

Menurut keterangan Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Purwadi, sabu itu dimasukkan ke dalam lapisan timah yang dipasang di dalam forklift. Petugas mendapatkan informasi terkait kiriman narkoba dengan menggunakan kontainer. Kiriman tersebut berada di gudang PT Transcon Indonesia Petikemas KBN Marunda.

Setelah kontainer dicek, ditemukan dua forklift yang ternyata berisi sabu.

“Forklift dibongkar dan tidak ada yang menyangka ada sabu di dalamnya. Sudah dilakukan dengan dilapisi pertama oleh besi, ada lapisan lagi seperti timah lalu dikasih oli supaya tidak terdeteksi oleh sinar X-ray,” ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (2/11), dilansir CNN Indonesia.

Polisi berhasil menyita 86,271 kg sabu, 41 gram serbuk oranye, dan 58 gram sebuh putih. Modus operandi untuk menyelundupkan barang terlarang ini adalah untuk dikirim antarnegara dari Taiwan ke Indonesia.

Untuk menangkap pelaku, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes Suwondo Nainggolan, mengatakan bahwa mereka menunggu hingga barang sampai ke penerima. Tiga orang penerima barang, AD (39), RH (39), dan SG (43) kemudian ditangkap.

Namun, masih ada satu orang yang masih belum ditangkap. Orang tersebut kini masuk ke dalam daftar pencarian orang. Untuk menangkapnya, Polri bekerja sama dengan Kepolisian Taiwan.

Pengungkapan penyelundupan ini bermula dari penggerebekan yang pertama kali dilakukan di sebuah ruko di bilangan Priuk, Kota Tangerang. Penggerebekan yang dilakukan pada Jumat (27/10) lalu itu mendapat data awal sabu yang ditemukan sebanyak 83 kg.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here