Home Berita Pilihan Setyo Wasisto Imbau Masyarakat Tak Sembarangan Unggah Meme

Setyo Wasisto Imbau Masyarakat Tak Sembarangan Unggah Meme

SHARE
Setyo Wasisto
Setyo Wasisto

Jakarta – Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengimbau masyarakat agar tidak sembarangan mengunggah konten di media sosial. Hal ini juga terkait dengan meme-meme yang beredar yang bisa saja dianggap menghina orang lain.

Baru-baru ini, Ketua DPR Setya Novanto melaporkan beberapa akun yang dianggap menghinanya karena mengunggah meme. Saat berada di kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/11), Setyo mengatakan bahwa dia melaporkan para pembuat meme ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat agar berhati-hati dalam membuat meme.

Warganet seharusnya berpikir secara matang terlebih dahulu apakah konten yang akan diunggahnya berpotensi melanggar hukum.

“Membuat meme atau ujaran kebencian dampaknya sangat luar biasa,” ucapnya, dilansir Kompas.

Setya Novanto melaporkan 32 akun media sosial baik akun Facebook, Twitter, maupun Instagram. Pemilik akun Instagram @dazzlingdyann, Dyan Kemala Arrizzqi,  ditahan. Semua orang yang dilaporkan akan diselidiki polisi dan akan ditindak seperti Dyan.

Meskipun Setyo melaporkan para pembuat meme, pihaknya memastikan tidak akan menjerat orang secara sembarangan. Keterangan dari para saksi ahli seperti ahli TI, ahli bahasa, dan ahli pidana juga diperlukan untuk menilai unsur-unsur pelanggaran hukum.

“Jadi, tidak serta-merta (ditangkap). Kami akan undang ahli seperti apa yang disebut ujaran kebencian, apakah itu menyinggung perasaan,” lanjutnya.

Meme tentang Setya Novanto marak beredar setelah dirinya dibebaskan dari status tersangka korupsi e-KTP oleh KPK dalam putusan praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here