Home Berita Pilihan Tiga Rumah Bedeng Hangus Disembur Gas

Tiga Rumah Bedeng Hangus Disembur Gas

SHARE
Ilustrasi sumur bor semburkan gas
Ilustrasi sumur bor semburkan gas

Balikpapan – Tiga rumah bedeng hangus terbakar akibat semburan gas bercampur air di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Sumur bor sedalam 35 meter itu dibuat oleh para pekerja pembangunan apartemen di RT 10, Kelurahan Sepinggan Raya.

Semburan gas masih keluar dari lubang tersebut hingga Jumat (10/11) malam. Sebanyak 18 keluarga diungsikan agar tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

Menurut Kepala BPBD Balikpapan, Suseno, pada Jumat malam, semburan gas sempat berhenti pada Senin malam hingga Rabu. Akan tetapi, gas kembali keluar pada Kamis.

Octavianto selaku Kepala Seksi Operasi Basarnas setempat mengatakan bahwa tinggi semburan gas tersebut mencapai 20 meter. Bau khas gas metan yang menyengat juga keluar dari lubang tersebut.

Suara desisan keras terdengar dari sumur bor. Hal inilah yang membuat petugas melarang warga untuk mendekat dan merokok hingga radius 50 meter dari sumur. Sementara ini, yang bisa dilakukan oleh petugas yang berwenang adalah menunggu gas keluar hingga habis.

Untuk mengatasi hal ini, BPBD Balikpapan berkoordinasi dengan kontraktor proyek pembangunan apartemen, BLH Balikpapan, perusahaan migas Pertamina RU V, dan perusahaan migas Total E&P Indonesie. Kedua perusahaan migas tersebut dilibatkan karena memiliki tenaga ahli dan teknologi tepat guna untuk mengatasi semburan gas.

“Kami juga siagakan petugas dengan satu unit mobil pemadam kebakaran di lokasi,” kata Suseno, dilansir Antara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here