Home Dunia Asia Pasifik Australia Setujui Pernikahan Sesama Jenis

Australia Setujui Pernikahan Sesama Jenis

SHARE
Bendera LGBT
Bendera LGBT

Sydney – Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, berjanji akan merampungkan hukum pelegalan pernikahan sesama jenis sebelum Natal 2017. Pemungutan suara yang dilaksanakan pada Selasa (14/11) menghasilkan 61,6% suara mendukung pernikahan sesama jenis.

“Hasilnya sangat tegas, sangat besar. Jutaan orang memilih ya untuk kesetaraan pernikahan. Mereka memilih ya untuk keadilan, ya untuk komitmen, ya untuk cinta,” tutur Turnbull, dilansir CNN Indonesia.

Negara Kangguru itu sempat melarang akitivitas homoseksual hingga tahun 1997. Namun, gerakan pro-gay tahun ini telah berhasil menggolkan aspirasi mereka agar diakui.

Ellen DeGeneres, pembawa acara televisi di Amerika Serikat, mengungkapkan dukungannya terhadap keputusan Australia. Dia sendiri menikahi aktris Portia de Rossi yang asal Australia.

Warga kota Melbourne dan Sydney turun ke jalan usai Turnbull mendeklarasikan janjinya. Mereka membawa spanduk-spanduk berisi dukungan terhadap pernikahan sesama jenis serta menggunakan payung berwarna pelangi yang merupakan simbol LGBT>

“Hasil ini sangat penting bagi banyak orang di seluruh negara ini. Hasil in iberarti cara kalian memberikan perasaan kepada orang lain, siapa pun itu, akan setara,” kata Ian Thorpe, atlet renang Olimpiade yang turut turun ke jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here