Home Berita Pilihan Ketua Harbolnas 2017 Imbau Konsumen Waspadai Diskon Palsu

Ketua Harbolnas 2017 Imbau Konsumen Waspadai Diskon Palsu

SHARE
Harbolnas 2017
Harbolnas 2017

Jakarta – Ketua Pelaksana Hari Belanja Nasional (Harbolnas) 2017, Achmad Alkatiri, mengimbau konsumen untuk mewaspadai diskon palsu. Dia mengatakan bahwa tantangan terbesar dalam gelaran akbar ini adalah memerbaiki kepercayaan konsumen.

Saat ditemui di Jakarta, Rabu (16/11), dalam rangka Konferensi Pers Harbolnas 2017, Achmad menceritakan banyaknya keluhan masyarakat soal diskon palsu. Tahun ini, pihak pelaksana Harbolnas menyediakan solution center dan support center bagi pelanggan yang ingin mengajukan komplain. Adapun komplain yang dapat dilakukan konsumen adalah menulis email atau formulir yang akan dikirim langsung ke pihak e-commerce.

Tujuan Harbolnas sejatinya adalah menciptakan kesan menyenangkan berbelanja online bukan sebaiknya. Maka dari itu, pihaknya melakukan berbagai cara untuk membuat konsumen nyaman.

Rencananya, pihak pelaksana Harbolnas 2017 akan mengadakan rapat dengan pihak e-commerce dan partisipan pada Selasa (21/11). Rapat tersebut akan mengingatkan semua pihak untuk tidak boleh menggonta-ganti harga selama gelaran Harbolnas berlangsung.

“Kami akan bilang ke mereka kalian tidak boleh ganti harga setelah tanggal sekian, jadi enggak ada kasus harga naik 90 persen tiba-tiba,” kata dia, dilansir Tempo.

Harbolnas 2017 akan berlangsung hanya satu hari pada Selasa (12/12/2017). Hal tersebut berbeda dengan Harbolnas tahun lalu yang berlangsung selama tiga hari. Keputusan ini diambil sebab tanggal 12 Desember jatuh pada pertengahan pekan yang dinilai merupakan waktu sempurna untuk berbelanja.

Tahun ini, Harbolnas akan mengambil tema #BelanjaOnlineBersama. Kali ini, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) juga akan turut ambil bagian dalam Harbolnas 2017. Mereka akan duduk setara dengan e-commerce besar dalam gelaran tersebut.

Sejumlah road show ke Makassar, Medan, dan Surabaya dipersiapkan untuk mendorong UMKM turut serta dalam Harbolnas. Melalui pelatihan-pelatihan, diharapkan UMKM tersebut dapat bersaing dengan e-commerce. Sementara itu, Achmad menargetkan lebih dari 200 e-commerce akan ikut serta pada Harbolnas 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here