Home Berita Pilihan Longsor Tutup 5 Titik Rel Kereta di Jawa Barat

Longsor Tutup 5 Titik Rel Kereta di Jawa Barat

SHARE
Kereta Api (foto: wikipedia)
Kereta Api (foto: wikipedia)

Garut – Sejumlah titik rel kereta api jalur selatan Pulau Jawa tertimbun longsor sehingga tidak dapat dilalui. Menurut Juru bicara PT KAI Kepala Daerah Operasi (Kadaops) 2 Bandung, Joni Martinus, ada lima titik longsor dengan lokasi yang berdekatan.

“Awalnya longsor ditemukan di kilometer 233 antara stasiun Cipeundeuy-Bumiwaluya, lalu terjadi longsor susulan di beberapa tempat diantaranya kilometer 320, 231, 232 dan 234,” demikian keterangan tertulis Joni sebagaimana dikutip Kompas.

Longsor tersebut terjadi pada Rabu (22/11) sekitar pukul 18.00 WIB dikarenakan hujan deras. Material longsor yang menimbun rel tingginya bervariasi mulai dari 1 meter hingga 7 meter. Panjang rel yang tertimbun juga bervariasi dari 10 meter hingga 100 meter.

Untuk membersihkan timbunan material longsor, PT KAI harus menurunkan alat-alat berat dan sejumlah personel. Diperkirakan upaya pembersihan material ini mencapai enam jam sebelum dapat benar-benar dilalui kereta api.

“Atas nama PT Kereta Api Indonesia kami mnyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dan terganggunya perjalanan kereta akibat bencana alam ini,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here