Home Berita Pilihan Museum Keris Akan Dapat Hibah Koleksi Keris dari Pemimpin Dunia

Museum Keris Akan Dapat Hibah Koleksi Keris dari Pemimpin Dunia

SHARE
Museum Keris
Museum Keris

Surakarta – Museum Keris yang berlokasi di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah akan mendapatkan keris koleksi dari beberapa pemimpin dunia. Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menyerahkan keris koleksi pribadinya ke Presiden RI Joko Widodo pada akhir tahun 2016. Museum tersebut juga akan menerima hibah keris dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden Jokowi.

“Perdana Menteri Belanda menyerahkan keris kepada Presiden Jokowi waktu itu supaya dirawat di Indonesia. Karena tidak mampu untuk merawatnya, ya nanti biar dirawat di Solo lagi, di Indonesia lagi,” ungkap Rudy di Surakarta, Kamis (23/11), dilansir Kompas.

Presiden Jokowi memiliki lima keris koleksi pribadi yang akan dihibahkan ke museum tersebut. Namun, belum diketahui kapan Jokowi akan membawanya ke kota asalnya itu. Pihak Pemerintah Kota Surakarta berjanji akan mengurus keris-keris itu setelah Presiden selesai acara Ngunduh Mantu Kahiyang-Bobby.

Menurut Wali Kota Surakarta, F. X. Hadi Rudyatmo, Museum Keris memiliki koleksi lebih dari 600 keris dan sebagian besar di antaranya adalah hibah dari masyarakat. Lebih dari 1.500 keris dihibahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman kepada Pemerintah Kota Surakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here