Home Peristiwa Bencana Alam Masih Terdampak Abu Gunung Agung, Bandara Ngurah Rai Ditutup Hingga Rabu

Masih Terdampak Abu Gunung Agung, Bandara Ngurah Rai Ditutup Hingga Rabu

SHARE
Gunung Agung Meletus (foto: AP)
Gunung Agung Meletus (foto: AP)

Jakarta – Penutupan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali diperpanjang hingga Rabu (29/11) pukul 07.00 WITA. Semula, diberitahukan bahwa bandara akan dibuka  pada Selasa (28/11) pukul 07.00 WITA.

Perpanjangan penutupan bandara ini diumumkan oleh Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan nama AirNav Indonesia. Lembaga tersebut menerbitkan Notice to Airmen (Notam) nomor A4274/17 sehubungan dengan perpanjangan tersebut.

“Setelah erupsi yang terjadi tadi malam, diadakan rapat koordinasi di Kantor Otoritas Bandara pukul 01.00 Wita bersama seluruh stakeholder terkait. Diputuskan dalam rapat tersebut bahwa penutupan diperpanjang sampai besok pagi (Rabu) pukul 07.00 Wita. Keputusan rapat disampaikan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan disetujui,” ujar Direktur Operasi AirNav Indonesia, Wisnu Darjono, Rabu (28/11), dilansir Berita Satu.

Keputusan tersebut harus diambil karena aktivitas Gunung Agung terus meningkat dan mengalami erupsi. Ruang udara terdampak abu vulkanik sehingga harus ditutup meskipun hasil paper test menunjukkan hasil NIL VA (volcanic ash/abu vulkanis) di area bandara.

Wisnu mengatakan bahwa penutupan ini menyebabkan seluruh penerbangan dari dan menuju Denpasar dibatalkan. Pihaknya mengutamakan keselamatan penerbangan sehingga keputusan tersebut harus diambil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here