Home Berita Pilihan Jalur Kereta Api Bandara Akan Dibangun di Surakarta

Jalur Kereta Api Bandara Akan Dibangun di Surakarta

SHARE
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi

Surakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan membangun dan mengoperasikan kereta api untuk akses masuk ke Bandara Adi Sumarmo. Menurut Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, di Surakarta, Senin (27/11), PT KAI pada dasarnya sudah siap melakukan terobosan baru agar Bandara Adi Sumarmo bisa diakses oleh kereta api.

Pihaknya berharap rencana pengoperasian kereta bandara tersebut akan menghasilkan pemikiran-pemikiran lainnya untuk melakukan angkutan massal.

“Seperti misalnya KA Solo dan Jogja bisa terhubung secara cepat dan massal,” katanya, dilansir Antaranews.

Adapun progres pengoperasian KA Bandara saat ini sudah dalam tahap pembebasan lahan. Pihaknya berharap tahap ini dapat selesai dalam waktu dekat. PT KAI akan melakukan sosialisasi dan penertiban untuk rumah-rumah warga yang berdiri di atas tanah pemerintah selama lahan tersebut berada di teritori PT KAI.

“Kalau ganti rugi kan artinya bukan tanahnya PT KAI. Pada prinsipnya kami punya pemikiran, harus dicarikan solusi agar warga punya tempat tinggal,” katanya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, sebelumnya pernah mengatakan bahwa KA bandara dijadwalkan akan beroperasi pada akhir 2018. Diharapkan, KA bandara Surakarta akan menambah pertumbuhan jumlah penumpang karena dapat menjangkau area di sekitar kota tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here