Home Peristiwa Bencana Alam Rawa Meluap, Buaya Muara Terbawa Arus

Rawa Meluap, Buaya Muara Terbawa Arus

SHARE
Buaya Muara
Buaya Muara

Sleman – Kepala Dukuh Kwangon, Sukiman Hadi Wijoyo, mengatakan bahwa dirinya mendapat laporan dari warga bahwa mereka melihat seekor buaya muara. Mereka tinggal di bantaran Kali Kwangon, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman.

Menurut Sukiman, buaya muara tersebut kemungkinan besar berasal dari rawa bekas galian tanah liat seluas 4.000 meter. Hujan deras yang turun sepanjang hari membuat rawa tersebut meluap sehingga buaya terbawa arus hingga ke sungai.

Buaya muara tersebut hingga kini belum ditemukan. Hal tersebut membuat warga resah. Meskipun sudah berusaha maksimal dalam mencari keberadaan buaya tersebut, mereka tetap tidak menemukannya karena buaya telanjur lepas ke aliran sungai.

Polisi hutan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY diterjunkan untuk menelusuri dan menangkap buaya muara tersebut. Petugas telah mengobservasi dan menduga bahwa buaya tersebut sebenarnya adalah hewan peliharaan yang dilepas oleh pemiliknya.

“Sungai di sini jelas bukan habitat buaya jenis muara. Jadi, besar kemungkinan ini buaya yang dilepas pemiliknya karena sudah terlalu besar,” kata Koordinator Polisi Hutan BKSDA DIY, Purwanto, dilansir Tempo.

Diketahui, dari keterangan saksi mata dan video, buaya tersebut masih berusia muda dan memiliki panjang sekitar 2,5 meter. Bobot buaya tersebut kurang dari 100 kilogram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here