Home Berita Pilihan Ribuan Wisatawan Batalkan Rencana ke Bali Akibat Erupsi Gunung Agung

Ribuan Wisatawan Batalkan Rencana ke Bali Akibat Erupsi Gunung Agung

SHARE
Gunung Agung Meletus (foto: AP)
Gunung Agung Meletus (foto: AP)

Denpasar – Ribuan wisatawan asal Tiongkok membatalkan niat mereka berlibur ke Bali pada bulan Desember 2017 hingga Januari 2018. Pembatalan ini mereka lakukan terkait erupsi Gunung Agung.

Menurut Ketua Perkumpulan Biro Perjalanan Wisata (BPW) Bali Liang, Elsye Deliana, Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sudah membatasi warga negaranya untuk bepergian ke Bali mengingat aktivitas erupsi Gunung Agung yang cenderung meningkat.

Hingga Januari 2018, pesawat terbang dari Negeri Tirai Bambu tersebut, baik reguler maupun carter, tidak akan terbang ke Bali. Sebagai orang yang biasa menangani wisatawan dari Tiongkok, kondisi tersebut sangat memukul sektor pariwisata di Bali. Sektor yang paling dirugikan adalah paket tamu asal Tiongkok sampai Januari 2018.

“Data kunjungan saat `low session`, turis dari Tiongkok yang datang ke Bali tiap harinya sebanyak 15 penerbangan dengan jumlah rata-rata 150 turis per pesawat. Sementara pada pada `high session` bulan Juli-Agustus, terdapat 30 hingga 35 penerbangan dari China ke Bali setiap hari dengan jumlah penumpang rata-rata 150 orang setiap pesawat,” ujarnya, dilansir Antaranews.

Jika erupsi masih terjadi dan pemerintah RRT masih memberlakukan peringatan berwisata ke Bali, bukan tidak mungkin para turis masih akan mengurungkan niatnya berlibur ke Bali setelah Januari 2018. Padahal, puncak kunjungan ke Bali biasanya terjadi saat hari raya Imlek yang jatuh pada bulan Februari.

“Bila pemerintah bisa tangani dengan baik saat terjadi krisis, kesan Bali akan tetap bisa bagus, mereka tetap percaya pemerintah wisatawan tangani dengan baik (saat krisis seperti sekarang),” ujarnya.

Sebenarnya, para turis ini tidak takut dengan aktivitas Gunung Agung. Mereka takut tidak bisa pulang ke negaranya jika Bandara Ngurah Rai ditutup karena dampak abu vulkanik Gunung Agung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here