Home Peristiwa Bencana Alam 233 Rumah Rusak Akibat Gempa Bengkulu

233 Rumah Rusak Akibat Gempa Bengkulu

SHARE
Kerusakan Bangunan Akibat Gempa Bengkulu (foto: Kompas)
Kerusakan Bangunan Akibat Gempa Bengkulu (foto: Kompas)

Bengkulu – Sebanyak 233 rumah di Kecamatan Lebong Atas dan Pelabai, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, rusak akibat gempa bumi. Gempa tersebut berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) dan terjadi pada Rabu (6/12) pukul 03.30 WIB.

Ke-233 rumah rusak tersebut terbagi dalam kategori rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat. Adapun data tersebut diambil dari hasil monitoring antara Babinsa dan Polsek setempat.

Kapolsek Lebong Atas, Ipda Kuat Santosa, mengatakan ada rumah rusak ringan sebanyak 119 unit, rusak sedang sebanyak 72 unit, dan rusak berat sebanyak 42 unit.

“Di dua kecamatan itu, hanya dua desa yang tidak ada rumah penduduk mengalami kerusakan,” kata Santosa, dilansir Kompas.

Seorang anak berusia sembilan tahun juga dilaporkan mengalami luka ringan akibat tertimpa reruntuhan bangunan. Anak tersebut sudah dievakuasi dan ditangani tim medis.

Selain rumah warga, Kantor Koramil dan masjid agung Kabupaten Lebong juga rusak.

“Gempa mengakibatkan rusaknya Koramil 07/Lebong Atas. Tembok kanan dan kiri kantor Koramil bagian atas retak, sedikit berlubang. Rumah warga dan Masjid Agung Sultan Abdullah rusak pada dinding keramik,” demikian keterangan tertulis Kepala Penerangan Korem 041/Garuda Emas Bengkulu, Mayor Inf David Suardi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here