Home Berita Pilihan Wereng Coklat Serang Tanaman Padi di Bekasi

Wereng Coklat Serang Tanaman Padi di Bekasi

SHARE
Hama Wereng Batang Coklat (foto: http://greatquality.id)
Hama Wereng Batang Coklat (foto: http://greatquality.id)

Cikarang – Sekitar 300 hektare tanaman padi di Kabupaten Bekasi diserang hama wereng batang coklat (WBC). Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Abdul Karim, di Kabupaten Bekasi, Jumat (8/12), lokasi sawah yang paling banyak terserang hama ada di Kecamatan Sukatani. Di kecamatan tersebut, 85 hektare tanaman padi diserang hama WBC.

Abdul mengatakan bahwa hama wereng sulit sekali untuk diprediksi dan diberantas karena sekali bertelur bisa mencapai ratusan. Untuk memusnahkan hama wereng, satu-satunya cara adalah memusnahkan padi dan membajak kembali lahan pertanian. Proses pengolahan lahan pertanian pun memerlukan waktu yang panjang hingga siap dipanen.

Namun, cara tersebut tentunya merugikan petani. Asuransi dan bantuan dari pemerintah pusat dianggap kurang membantu petani. Sosialisasi terus dilakukan agar para petani yang sawahnya terkena wabah mendapatkan ganti rugi sesuai asuransi dari pemerintah pusat.

Dalam asuransi tersebut, dikatakan bahwa satu hektare padi yang terkena wabah WBC akan mendapatkan ganti rugi sebesar Rp6.000.000,00. Namun, petani harus membayar premi terlebih dahulu dengan besaran Rp35.000,00/hektare untuk sekali musim tanam.

Asuransi tersebut juga akan mencover berbagai bentuk bencana. Untuk mencari solusi terbaik wabah WBC, Dinas Pertanian akan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Bupati Bekasi.