Home Berita Pilihan KLB Difteri di 11 Provinsi, Menkes Anjurkan Imunisasi Lengkap

KLB Difteri di 11 Provinsi, Menkes Anjurkan Imunisasi Lengkap

SHARE
Ilustrasi Imunisasi Difteri
Ilustrasi Imunisasi Difteri

Jakarta – Kementerian Kesehatan telah menerima laporan Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di 11 provinsi pada kurun waktu Oktober-November 2017.

“Provinsi yang melaporkan KLB adalah Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, melalui pesan tertulis pada Minggu (10/12).

Telah dilaporkan 109 kasus infeksi difteri di Jawa Barat sejak November 2017. Sebanyak 13 orang penderita meninggal dunia.

Untuk menanggulangi difteri, Oscar mengatakan bahwa imunisasi masih merupakan cara yang ampuh. Dia mengimbau masyarakat untuk segera mendapatkan imunisasi difteri di fasilitas kesehatan. Selama ini, belum ditemukan cara lain untuk mencegah difteri secara luas selain dengan imunisasi.

“Harus lengkap dan tuntas. Silakan datang ke fasilitas kesehatan, vaksinnya gratis,” ujar Oscar.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan sosialisasi pencegahan penyakit difteri di SMAN 33 Cengkareng, Jakarta Barat, pada Senin (11/12). Penyakit ini dapat menyerang anak maupun orang dewasa yang belum diimunisasi difteri. Di Jakarta Barat, ada 700 ribu anak dan orang dewasa yang mendapatkan imuniasi difteri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here