Home Berita Pilihan Jelang Akhir Tahun, Kemendag Antisipasi Barang Tak Layak Konsumsi

Jelang Akhir Tahun, Kemendag Antisipasi Barang Tak Layak Konsumsi

SHARE
Ilustrasi cuci gudang

Jakarta – Kementerian Perdagangan akan menurunkan tim ke lapangan untuk mengecek barang-barang yang ditawarkan pada momen akhir tahun. Hal tersebut sebagai antisipasi adanya kemungkinan barang tidak layak konsumsi beredar.

“Kita telah membuat tim yang turun ke lapangan untuk mengecek apakah ada barang kadaluarsa atau barang yang tidak memenuhi ketentuan lain yang dijual di akhir tahun,” ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag Syahrul Mamma di kantornya, Jakarta, Senin (11/12), dilansir Tempo.

Tim yang turun ke lapangan untuk mengecek hingga saat ini belum menemukan pelanggaran. Untuk selanjutnya, mereka akan mengunjungi toko-toko modern yang menjual parsel.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengimbau masyarakat untuk waspada supaya tidak mendapatkan barang kedaluarsa dalam ajang cuci gudang. Barang-barang tersebut sengaja dilepas ke pasar dengan harga miring untuk menghabiskan stok di gudang.

“YLKI juga mendesak Kementerian Perdagangan dan atau Dinas Perdangan untuk melakukan pengawasan dan atau survei terhadap harga-harga barang dan produk fesyen yang menaikkan harga terlebih dahulu untuk memberikan diskon,” ujar Tulus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here