Home Berita Pilihan Sandiaga Impikan Bangun Sumur Resapan Atasi Banjir

Sandiaga Impikan Bangun Sumur Resapan Atasi Banjir

SHARE
Sandiaga Uno (foto: merdeka)
Sandiaga Uno (foto: merdeka)

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, ketika ditemui di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus membangun banyak sumur resapan. Sumur resapan tersebut akan sangat berguna untuk mengantisipasi banjir saat hujan karena aliran air akan dialirkan ke dalam tanah.

“Memang harus diubah pola berpikirnya, gimana bukan hanya menyalurkan air, tapi mengembalikan ke tanah dengan sumur-sumur resapan. Itu bagian dari impian kita nanti 50 tahun ke depan,” katanya, Selasa (12/12), dilansir Kompas.

Dia ingin membangun sumur resapan berukuran besar untuk menampung air hujan dengan intensitas tinggi agar tidak menggenang. Dia juga meminta urusan membangun sumur resapan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi juga swasta dan masyarakat. Untuk itu, pihaknya telah meminta pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI) untuk memulai gerakan pembangunan sumur resapan.

Sebagai proyek percontohan, sumur resapan di Masjid Al Barkah, Cipete Selatan, Jakarta Selatan, diproyeksi dapat menampung 8.000 liter air.

Sandi ingin setidaknya 238 titik di Ibu Kota mempunyai sumur resapan agar dapat mengantisipasi banjir. Ke-238 titik tersebut adalah tempat-tempat yang rawan genangan air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here