Home Berita Pilihan Zul : Pensiun Dini Hanya Bahasa Halus dari PHK

Zul : Pensiun Dini Hanya Bahasa Halus dari PHK

SHARE
XL Axiata
XL Axiata

Jakarta – Zulkarnain, salah satu dari 200 karyawan PT XL Axiata Tbk., mengatakan bahwa tawaran pensiun dini dari perusahaannya hanyalah “bahasa halus” dari pemutusan hubungan kerja (PHK). Diketahui, saat ini, XL sedang melakukan PHK massal. Dia pun menolak tawaran “pensiun dini” tersebut.

Zul mengaku keputusan PHK yang dibuat perusahaan tempat dia bekerja merupakan keputusan sepihak. November 2017 lalu, dia mendapatkan kabar dari manajemen bahwa dia tidak akan mendapatkan tempat di perusahaan setelah proses PHK dieksekusi.

Melalui sambungan telepon dengan CNN Indonesia, Zul mengaku pemberitahuan tersebut datang secara tiba-tiba dari atasannya. Dia mengaku program pensiun dini yang ditawarkan perusahaan ditawarkan secara memaksa.

“Kalau misalnya efisiensi yang jadi alasan, harus dibuktikan di mana kerugiannya,” kata Zul yang tidak terima alasan perusahaannya memaksakan program pensiun dini, dilansir CNN Indonesia.

Zul mengaku merupakan satu-satunya karyawan yang menolak program pensiun dini dari XL. Rekan-rekan kerjanya ada yang sudah menerima tawaran tersebut namun ada beberapa yang terpaksa. Zul terakhir kali menjabat sebagai manajer sementara di divisi MBB Device Marketing serta Wakil Presiden Serikat Pekerja XL Axiata.

Sebelumnya, Group Head of Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan bahwa PHK massal tersebut adalah bagian dari transformasi agar perusahaan lebih kompetitif. Nilai pensiun dini itu, kata Ayu, lebih besar jika dibandingkan dengan perusahaan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here