Home Berita Pilihan Pengamat Teroris Minta Pemerintah Waspadai Perkembangan Hoax Jelang Tahun Baru

Pengamat Teroris Minta Pemerintah Waspadai Perkembangan Hoax Jelang Tahun Baru

SHARE
ilustrasi hoax (foto: istockphoto)
ilustrasi hoax (foto: istockphoto)

Jakarta – Pengamat teroris Al Chaidar meminta pemerintah untuk mewaspadai perkembangan berita bohong (hoax) selama menjelang tahun baru 2018. Berita hoax disinyalir dapat mengadu domba masyarakat dan membangkitkan sel teroris yang tertidur.

“Berita hoax soal agama, pemurtadan, human trafficking, LGBT, HIV, dan AIDS akan semakin banyak. Selain itu, berita hoax tentang media Yahudi dan partai anti-Islam harus diantisipasi,” kata Al Chaidar saat dihubungi Tempo, Selasa, (26/12).

Orang-orang yang menelan mentah-mentah berita hoax akan dapat menimbulkan permusuhan. Tidak jarang mereka yang terpapar hoax menyebarkan kembali berita bohong tersebut dengan penuh semangat. Mereka lalai tidak mengecek kembali kebenaran berita itu.

Aksi teror akibat berita hoax sering terjadi. Baru-baru ini, serangan lone wolf bom panci Bandung dan bom Vihara di Jakarta juga terjadi karena berita hoax disebarkan. Vihara dibom karena adanya berita hoax soal Rohingnya.

Kedutaan besar negara asing, terutama Amerika Serikat dan Myanmar, menurut Al Chaidar harus dijaga ekstraketat. Kedua kedubes itu harus dijaga dari berbagai sisi karena rawan menjadi target serangan teror. Selain kedubes, Jakarta International School, sebuah sekolah swasta di Jakarta, juga harus dijaga karena pernah menjadi target serangan teror.

“Ada banyak alasan lain (kenapa Jakarta menjadi sasaran teroris), karena Jakarta dianggap sebagai pusat pemerintahan sekuler dan ibu kota kafirin,” tuturnya.

Selain Jakarta, Tangerang dan Bekasi juga menjadi tempat yang rawan serangan teroris di kawasan Jabodetabek. Diduga, banyak anggota teroris bermukim di dua tempat tersebut.

Menjelang tahun baru, sejumlah objek vital seperti kantor polisi, kantor pemeirntah, dan kantor partai politik harus dijaga ketat. Bentuk serangan teror yang paling berpotensi dilakukan adalah ancaman pembakaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here