Home Berita Pilihan Kominfo Awasi Media Sosial untuk Cegah Kampanye Hitam

Kominfo Awasi Media Sosial untuk Cegah Kampanye Hitam

SHARE
ilustrasi internet (foto: Pixabay)
ilustrasi internet (foto: Pixabay)

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan mengawasi media sosial jelang dan selama Pilkada serentak untuk mencegah kampanye hitam. Media sosial yang akan diawasi Kominfo adalah media sosial yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta media sosial lainnya yang memiliki afiliasi dengan partai politik hingga kepala daerah.

Hal tersebut sebagaimana diungkap oleh Menkominfo Rudiantara dalam rapat bersama Ketua KPU Arief Budiman dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan di kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (9/1) malam.

Dalam rapat tersebut, Rudiantara membahas sinergi ketiga institusi yaitu Kominfo, KPU, dan Bawaslu, untuk mencegah kampanye hitam dan ujaran kebencian di dunia maya selama Pilkada serentak berlangsung.

Kominfo akan memberikan laporan kepada Bawaslu terkait akun media sosial diduga melakukan kampanye hitam dan menyebarkan ujaran kebencian berbau SARA. Saat ini, mereka belum membicarakan bagaimana langkah pengawasan kampanye hitam ini.

“Tidak lebih dari bulan ini. Mudah-mudahan sudah bisa ada langkah konkret yang lebih rinci lagi termasuk teknisnya,” kata Rudiantara, Selasa (9/1), dilansir CNN Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here