Home Berita Pilihan IDI Koordinasi dengan KPK Terkait Penetapan Bimanesh Sutarjo Sebagai Tersangka

IDI Koordinasi dengan KPK Terkait Penetapan Bimanesh Sutarjo Sebagai Tersangka

SHARE
Ilustrasi dokter
Ilustrasi dokter

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan dokter Bimanesh Sutarjo sebagai tersangka. Dokter RS Permata Hijau ini merawat mantan Ketua DPR Setya Novanto pada November 2017. Saat itu, Setya Novanto terlibat kecelakaan mobil di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Landasan penetapan Bimanesh sebagai tersangka adalah karena diduga merintangi penyidikan yang dilakukan KPK terhadap kasus Setya Novanto saat itu.

Menanggapi penetapan tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan berkoordinasi dengan KPK. Sekretaris Jenderal IDI, Adib Khumaidi, mengatakan bahwa IDI sudah lama bekerja sama dengan KPK di bidang pencegahan korupsi.

Saat diwawancara Kompas, Kamis (11/1), dia menyatakan bahwa IDI akan berkoordinasi apakah bukti yang didapat KPK merupakan alat bukti yang masuk ranah profesi dokter atau ranah pidana umum.

Jika bukti yang ada mengarah ke pidana umum, hanya KPK sebagai penegak hukum yang bisa memprosesnya. IDI tidak bisa mencampuri kasus tersebut sehingga Bimanesh harus bertanggung jawab secara pribadi. IDI hanya bisa melakukan pendampingan jika perbuatan Bimanesh berkaitan dengan etik dan profesi kedokteran.

“Kalau ada kaitannya dengan pelayanan kesehatan atau dalam tindakan keprofesionalan sebagai dokter, IDI berkewajiban melakukan pendampingan sekaligus pemeriksaan secara internal juga dilakukan,” katanya sambil menjelaskan bahwa IDI juga akan melakukan pemeriksaan internal melalui majelis kehormatan.

Dalam mengambil keputusan medis, dokter tidak dapat diitervensi pihak manapun. Hal tersebut tertuang dalam salah satu kode etik kedokteran yaitu menjunjung tinggi independensi dalam menjalankan profesi.

“Kalau bicara norma hukum umum, tentunya kewajiban sebagai warga negara. Nanti tugas dari penegak hukum dan di luar dari kepentingan profesi,” kata Adib.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here