Home Berita Pilihan Pendaftaran SBMPTN 2018 Resmi Dibuka

Pendaftaran SBMPTN 2018 Resmi Dibuka

SHARE

Jakarta – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 resmi dibuka pada 13 Januari dan berakhir pada 10 Februari 2018. Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohammad Nasir resmi meluncurkan situs pendaftaran itu pada Jumat (12/1) kemarin.

Nasir mengatakan bahwa sekolah sudah dapat memasukkan data melalui aplikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk aplikasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Isi data-data itu nanti adlaah rekam jejak prestasi akademik siswa didik.

“Besok sudah mulai pendaftaran, sekolah betul-betul menyampaikan data yang riil, jangan manipulasi. Ini sangat penting,” kata Nasir di auditorium gedung Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (12/1), dilansir CNN Indonesia.

Siswa yang memenuhi kriteria dapat mendaftar denagn NISN dan password di laman https://web.snmptn.ac.id/ Panitia SNMPTN memberikan waktu pendaftaran mulai dari 21 Februari hingga 6 Maret 2018. Kemudian, hasil pengumuman diumumkan pada 17 April 2018.

Daya tampung  SNMPTN dan SBMPTN paling banyak 30% dari daya tampung Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan seleksi mandiri paling banyak 30%. Menurut Ketua Panitian Pusat SNMPTN SBMPTN, Ravik Karsidi, hal tersebut sama seperti tahun lalu. Sebanyak 85 PTN mengikuti SNMPTN tahun ini.

“Terkait SBMPTN, tahun ini ada UTBC dan UTBK. UTBK akan menjangkau 10 kali lipat dari tahun lalu. Tahun lalu sebanyak 21.500 peserta menjadi minimun 200ribu peserta seiring perkembangan teknologi informasi,” lanjut Ravik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here