Home Berita Pilihan Dua Orang Luka-luka Akibat Jembatan Ambrol di Magelang

Dua Orang Luka-luka Akibat Jembatan Ambrol di Magelang

SHARE
Mobil Terperosok karena Jembatan Ambrol (foto: Kompas)
Mobil Terperosok karena Jembatan Ambrol (foto: Kompas)

Magelang – Dua orang terluka saat jembatan di Desa Gondosuli, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, ambrol pada Rabu (24/1) pagi pukul 04.00 WIB. Kedua korban tersebut adalah Aryoto (50) dan Tarminah (47).

Mobil yang ditumpangi keduanya terperosok di jembatan itu. Mereka tengah dalam perjalanan menuju ke pasar untuk berjualan. Mobil jenis pikap terperosok pada bagian depan saat sampai di atas jembatan karena tiba-tiba jembatan ambrol.

Menurut keterangan yang diberikan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto, penyebab jembatan itu ambrol adalah karena tergerus derasnya aliran sungai di bawahnya. Jembatan itu juga sudah berumur tua sehingga rentan ambrol. Jembatan dibangun sejak tahun 1978.

“Hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi mengguyur Magelang beberapa hari terakhir. Ini memicu peningkatan arus sungai hingga menggerus dasar jembatan terus tergerus,” terang Edi, dikonfirmasi, Rabu (24/1), dilansir Kompas.

Nur Fauzan, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Magelang, juga mengatakan bahwa petugas telah mengerahkan mobil derek untuk mengevakuasi mobil milik korban. Selama jembatan masih belum diperbaiki, akses jalan menuju jembatan ditutup total agar tidak ada hal yang membahayakan terjadi kembali.

Oleh karena itu, masyarakat harus mencari jalur alternatif. Jalur tersebut memutar sekitar lima kilometer lebih jauh. Penanganan selanjutnya membutuhkan koordinasi antara TRC, Dinas Pekerjaan umum dan Penataan Ruang (DPUPR), serta pemerintah desa setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here