Home Berita Pilihan Komentator Sepak Bola Thailand Minta Maaf Telah Hina Indonesia

Komentator Sepak Bola Thailand Minta Maaf Telah Hina Indonesia

SHARE
Auttapon Kaithong
Auttapon Kaithong

Bangkok – Auttapon Kaithong, seorang komentator sepak bola asal Thailand, meminta maaf melalui Instagram atas pernyataannya yang dianggap menghina Indonesia. Dia melontarkan pernyataan kontroversial itu saat pertandingan kualifikasi Liga Champions Asia 2018 antara Chiangrai United dan Bali United di Stadion Singha, Selasa (23/1).

Sepanjang pertandingan, Kaithong mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang dianggap menghina Indonesia. Dia mengatakan “Penipu dari Indonesia” setiap ada pemain Bali United yang dilanggar karena menganggap mereka melakukan diving. Dia juga mengkritik desain kostum Bali United. Seperti diketahui, kostum Bali United menggunakan motif sarung Bali.

Netizen Thailand merasa kecewa dan tidak puas atas pernyataan Kaithong sebagaimana dikutip akun Twitter Thai League Football. Mereka menganggap apa yang dilakukan Kaithong tidak profesional.

Mendapat banyak hujatan di media sosial, Kaithong akhirnya membuat postingan di Instagram berisi permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia dan pemain Bali United.

“Salam untuk semua orang dari Indonesia. Dari pertandingan terakhir antara Chiangrai United melawan Bali United, saya ditugaskan menjadi komentator dan diinstruksikan untuk berpihak ke satu tim. Saya melupakan soal etika, sportivitas dan menghormati tim lawan. Saya merasa sangat bersalah setelah pertandingan berakhir. Saya ingin mengucapkan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya untuk semua orang Indonesia dan setiap pemain Bali United. Saya berjanji tidak akan melakukan hal seperti ini lagi,” demikian tulis Kaithong di Instagramnya @Bellrelease, sebagaimana dikutip CNN Indonesia.

Foto yang diunggahnya memperlihatkan dirinya dengan gerak tubuh meminta maaf.

Bali United kalah dari Chiangrai United dengan skor 1-2 dalam pertandingan yang harus ditentukan lewat babak tambahan. Kekalahan tersebut membuat Bali United harus masuk ke babak grup Piala AFC 2018 bersama Global Cebu (Filipina), FLC Thanh Hoa (Vietnam), dan Yangon United (Myanmar) di Grup G. Sedangkan Chiangrai masuk babak tiga kualifikasi AFC 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here