Home Berita Pilihan Zumi Zola Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Zumi Zola Jadi Tersangka Kasus Korupsi

SHARE
Zumi Zola (foto: Tribunnews)
Zumi Zola (foto: Tribunnews)

Jakarta – Gubernur Jambi, Zumi Zola, ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diduga terlibat dalam kasus penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di lingkungan dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Jambi.

Sebenarnya, status tersangka Zumi Zola sudah ditetapkan sejak (24/1) lalu. Akan tetapi, KPK memutuskan untuk menunda pengumuman status tersangka agar penyidikan di lapangan tidak terganggu.

“Jadi kami menunggu hasil penyelidikan tim penyidik di lapangan, supaya tidak terganggu,” kata Wakil Ketua KPK, Basaria Pandjaitan, di Gedung KPK, Jumat, (2/1), dilansir Tempo.

Zumi Zola diduga menerima hadiah atau janji terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi serta penerimaan lainnya saat menjadi gubernur yang menjabat untuk tahun 2016-2021. Total hadiah atau janji yang diterima diduga sebesar Rp6 miliar.

Gratifikasi yang diterima Zumi Zola diduga digunakan untuk ketok palu alias melancarkan pengesahan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Jambi 2018.

KPK juga menyelidiki keterlibatan istri Zumi Zola, Sherrin Thalia, dalam kasus ini. Selain itu, para pengusaha juga diduga terlibat. Namun, KPK masih akan menyelidiki keterlibatan para pengusaha tersebut dan akan segera mengumumkan setelah barang bukti ditemukan.

“Uang sebesar itu tidak mungkin keluar dari kantong gubernur, pasti dikumpulkan dari pengusaha. Termasuk oleh Plt yang konon katanya orang kepercayaan Zumi Zola,” kata Basaria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here