Home Peristiwa Bencana Alam Puncak Harus Ditata Agar Tidak Rawan Longsor

Puncak Harus Ditata Agar Tidak Rawan Longsor

SHARE
Longsor Terjadi di Puncak Bogor
Longsor Terjadi di Puncak Bogor

Bogor – Bencana longsor yang terjadi di Puncak, Bogor, Jawa Barat, membuat sejumlah ahli menyarankan agar lokasi wisata tersebut dibenahi. Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar, mengatakan bahwa harus ada pembenahan bangunan di bangunan jalan dan pembuatan terasering untuk mengantisipasi longsor di kemudian hari.

Bangunan yang ada di sepanjang bahu jalan terutama yang dekat dengan bibir dikhawatirkan mengancam keselamatan jiwa banyak orang. Bangunan tersebut membuat kontur tanah di bawahnya rawan longsor karena menjadi beban.

Saat ditemui di lokasi longsor Riung Gunung, Puncak, Jawa Barat, Rabu (7/2), pihaknya akan mengajak Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk menertibkan bangunan-bangunan di dekat bibir tebing agar tidak terjadi longsor yang memakan korban.

Dia juga menegaskan bahwa rekomendasi yang dia utarakan bukan semata-mata hanya untuk menertibkan bangunan tetapi juga sebagai upaya penyelamatan orang banyak.

“Sepanjang jalan ini sebenarnya banyak saudara-saudara kita yang terancam. Jadi kita lihat di sini kan bangunan sepanjang kiri maupun kanan jalan adalah bangunan-bangunan yang terancam,” kata Rudy, dilansir CNN Indonesia.

“Kami bersama tim BPBD mensosialisasikan untuk tidak membangun di atas maupun bawah tebing karena bangunan itu akan terancam baik yang ada di puncak maupun di bawahnya,” tuturnya.

Rudy telah menyusun rekomendasi untuk menertibkan penggunaan lahan untuk bangunan serta membuat terasering. Dia berjanji akan memberikan rekomendasi tersebut kepada Pemerintah Daerah dalam dua hari ke depan.

Diketahui, beberapa lokasi di Puncak rawan longsor. Daerah Puncak Pass dan Pinus misalnya, memiliki kontur tanah yang sudah keropos. Hujan yang turun membuat tanah yang lembab akan makin basah sehingga lokasi tersebut makin berbahaya.

Usai hujan deras pada Senin (5/2), 22 lokasi di Puncak longsor. Longsoran di titik-titik tersebut tidak separah longsor di Riung Gunung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here