Home Dunia Asia Pasifik Gempa Taiwan 6,4 SR Tewaskan 7 Orang

Gempa Taiwan 6,4 SR Tewaskan 7 Orang

SHARE
Dampak Gempa Taiwan (foto: Rex/Mirror)
Dampak Gempa Taiwan (foto: Rex/Mirror)

Hualien – Gempa bumi berkekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang kawasan pantai timur Taiwan pada Selasa (6/2) pukul 23.53 waktu setempat. Gempa tersebut menewaskan tujuh orang warga. Sebanyak 60 warga dinyatakan hilang diduga terperangkap reruntuhan di Kota Hualien.

Sejumlah petugas SAR, tentara, dan relawan lainnya menyelamatkan sekitar 150 orang dari reruntuhan bangunan. Upaya mereka sempat terhenti karena adanya gempa susulan.

Sebuah bangunan hotel di kota wisata Hualien miring 45 derajat karena terdampak gempa. Puluhan orang terjebak di dalam Hotel Marshal, gedung apartemen YunMeng Tsui Ti, dan dua menara apartemen lainnya yang ambruk saat gempa terjadi.

Menurut pemerintah setempat, kawasan tersebut masih rawan gempa susulan hingga dua pekan ke depan. Bahkan, gempa susulan bisa saja berkekuatan 5 SR.

Banyaknya orang yang terjebak di bangunan adalah karena gempa terjadi saat jam tidur. Dalam video-video CCTV yang beredar di dunia maya, terlihat momen-momen saat gempa terjadi di sebuah toko DVD.

Pusat Gempa Taiwan berada di laut dengan posisi 18 kilometer sebelah utara Hualien dengan kedalaman 9,6 kilometer. Lebih dari 40.000 rumah tidak mendapatkan pasokan air bersih dan 1.900 rumah tidak teraliri listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here