Home Peristiwa Bencana Alam Gempa Berkekuatan 7,6 SR Guncang Papua

Gempa Berkekuatan 7,6 SR Guncang Papua

SHARE
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)
Ilustrasi Seismograf (foto: timesindonesia)

Papua – Gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) mengguncang sebagian wilayah Provinsi Papua pada Senin (26/2). Gempa terjadi sekitar pukul 00.44 WIT. Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), belum ada laporan korban. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa yang terjadi pada dini hari itu berada di daratan, tepatnya di 266 km sebelah tenggara Bovendigoel, Papua. Kedalaman pusat gempa 96 kilometer.

Gempa dirasakan di daerah Tanah Merah, Wamena, Merauke, dan Jayapura. Hingga kini, tidak tercatat adanya korban meninggal, korban luka-luka, maupun infrastruktur yang rusak.

“Warga panik dan berhamburan keluar rumah. Saat ini sudah normal. BPBD, Dinas Kesehatan dan aparat Kabupaten melakukan pemantauan ke distrik,” Kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan resminya, Senin (26/2), dilansir CNN Indonesia.

Ada laporan beberapa gempa susulan setelah gempa 7,6 SR itu. Gempa berkekuatan 5,9 SR terjadi pukul 01.11 WIB di 130 km tenggara Pegunungan Bintang Papua. Gempa susulan pertama itu berkedalaman 59 km.

Gempa susulan kedua berkekuatan 5,3 SR dan terjadi pada pukul 01.47 WIB. Gempa terjadi di 244 km barat daya Wewak, Papua New Guinea, dengan kedalam 183 km.

Gempa susulan ketiga dirasakan pada Senin pukul 03.17 WIB. Gempa ini terjadi di 275 km arah tenggara Bovendigoel, Papua, berkedalaman 128 km.

Keempat, gempa susulan berkekuatan 5,4 SR terjadi pada 04.11 WIB. Gempa ini terjadi di 229 km tenggara Bovendigoel berkedalaman 10 km.

Seluruh gempa susulan tidak berpotensi tsunami. BPBD bekerja sama dengan aparat terkait memantau dan mendata keadaan pasca gempa di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here