Home Peristiwa Bencana Alam Jusuf Kalla Klaim Indonesia Sudah Tanggulangi Bencana dengan Lebih Teratur

Jusuf Kalla Klaim Indonesia Sudah Tanggulangi Bencana dengan Lebih Teratur

SHARE
Jusuf Kalla (foto: Tempo)
Jusuf Kalla (foto: Tempo)

Jakarta – Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, mengatakan bahwa Indonesia sudah lebih teratur dalam upaya penanggulang bencana jika dibandingkan saat sebelum terjadinya tsunami Aceh pada Desember 2004. Demikian pernyataan JK saat ditemui di Hotel Millenium, Jakarta, Rabu (7/3).

Sejumlah badan resmi untuk menanggulangi bencana seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) dan Badan SAR Nasional (Basarnas) mengatasi permasalahan penanggungan bencana.

“Ada BNPB, ada Basarnas, menolong orang-orang yang kena bencana. Dua itu hampir sama tugasnya menyelamatkan orang dari bencana,” ujar Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut, dilansir Kompas.

Selain kedua badan tersebut, PMI juga memiliki tugas untuk memberikan pengetahuan yang baik kepada masyarakat tentang bencana. JK mengaku masyarakat harus dimotivasi untuk bekerja sama agar siap siaga dalam menghadapi bencana terutama banjir.

Kabid Penanggulangan Bencana PMI, Sumarsono, mengatakan bahwa semua pihak harus berperan dan terlibat aktif untuk menanggulangi bencana banjir. Kerja sama dan koordinasi lintas sektoral baik swasta, masyarakat, maupun pemerintah akan memudahkan pemerintah mengatasi banjir yang terus terjadi. Pihak-pihak lain bisa membantu untuk mengakses informasi, melakukan mitigasi, dan aksi terkait penanggulangan banjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here