Home Berita Pilihan JR Saragih Tersangka Dugaan Pemalsuan Legalisasi Ijazah

JR Saragih Tersangka Dugaan Pemalsuan Legalisasi Ijazah

SHARE
JR Saragih (foto: Kompas)
JR Saragih (foto: Kompas)

Jakarta – JR Saragih ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemalsuan dokumen saat mendaftar menjadi bakal calon gubernur Sumatra Utara. Politisi Partai Demokrat ini diduga memalsukan legalisasi ijazah dan tanda tangan.

Informasi penetapan tersangka ini dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, pada Kamis (15/3) malam.

“Penyidikan dimulai dari pernyataan bahwa dinas pendidikan DKI yang mengeluarkan legalisasi dan tanda tangan, akhirnya diketahui dokumen tersebut palsu. JR Saragih melanggar UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 184 tentang Pemilihan Kepala Daerah, ancaman hukumannya enam tahun penjara,” kata Direktur Kriminal Umum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian, dilansir Kompas.

Penetapan tersangka dilakukan oleh sentra gakkumdu yang terdiri dari unsur kepolisian, kejaksaan, dan pengawas pemilu.

Setyo mengatakan bahwa penetapan tersangka JR masuk dalam tindak pidana pemilu sehingga proses hukum akan terus berjalan. Hal tersebut, katanya, tidak bertentangan dengan sikap Polri yang akan menghentikan sementara proses hukum terhadap calon kepala daerah.

Setyo lebih lanjut menegaskan bahwa ada pengecualian menahan proses hukum terhadap calon kepala daerah yaitu terkait kasus pelanggaran pemilu dan operasi tangkap tangan. Lagipula, JR Saragih sudah dinyatakan gagal sebagai peserta Pilkada Sumut karena diduga legalisasi ijazah yang dia sertakan palsu.

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat, Hinca Panjaitan, menyatakan bahwa pihaknya akan menyiapkan langkah praperadilan. Menurutnya, penetapan tersangka itu kental dengan sisi politik. Dia berharap Polri memiliki alasan yang jelas dalam menetapkan JR sebagai tersangka agar tidak timbul kegaduhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here