Home Berita Pilihan Keracunan Gas, Warga Gunung Ijen Harus Dirawat

Keracunan Gas, Warga Gunung Ijen Harus Dirawat

SHARE
Gunung Ijen
Gunung Ijen

Banyuwangi – Kawah Gunung Ijen di Banyupait, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, diduga mengeluarkan gas beracun. Sejumlah warga yang tinggal di afdeling Watu Capil pada Rabu (21/3) malam pun harus dilarikan ke Puskesmas Sempol karena keracunan.

“Warga yang keracunan gas adalah warga Kabupaten Bondowoso dan dugaan berasal dari kawah Gunung Ijen. Sebagian ada yang sudah dirawat di puskesmas terdekat dan ada yang dievakuasi ke RSUD Bondowoso. Ini kami masih terus koordinasi,” kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ade Setiawan, dilansir Kompas.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Resor TWA Ijen/KSDA Gunung Ijen. Ade juga mengaku belum mendapatkan data yang pasti mengenai berapa warga yang dirawat.

Disampaikan pula oleh BPBD Banyuwangi, pihak BKSDA dan PPGA Ijen melarang wisatawan, pendaki, dan penambang belerang mendekati dasar kawan yang berada di puncak Gunung Ijen. Mereka juga tidak boleh melakukan aktivitas apa pun juga sampai ada pemberitaan lebih lanjut.

Ade mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim petugas BPBD Banyuwangi untuk naik ke Gunung Ijen agar dapat melaporkan perkembangan terbaru. Pihaknya juga sudah siap terjun ke lapangan karena Gunung Ijen memang berada di wilayah administratif Banyuwangi yang menjadi kewajiban mereka. Perkembangan terakhir, Ade mendapatkan laporan dari warga Watucapi via radio komunikasi bahwa ada sinar terang dari kawah Gunung Ijen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here