Home Berita Pilihan Kominfo Rilis Portal Anti Hoax Jumat Ini

Kominfo Rilis Portal Anti Hoax Jumat Ini

SHARE
ilustrasi internet (foto: Pixabay)
ilustrasi internet (foto: Pixabay)

Jakarta – Portal “Stop Hoax” untuk mencegah peredaran berita palsu akan dirilis pada Jumat (13/4) besok oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama komunitas Siberkreasi dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo). Diharapkan, portal tersebut dapat menjadi agregator yang bertugas mengonfirmasi kebenaran berita online.

Kepala Humas Kominfo, Noor Iza, dalam konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, pada Rabu (11/4), mengatakan bahwa portal “Stop Hoax” akan bekerja sama dengan kementerian, komunitas, dan lembaga untuk menangkis peredaran berita palsu.

Portal tersebut akan menayangkan hasil investigasi atau laporan resmi dari masing-masing lembaga. Misalnya saja, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan meluruskan disinformasi tentang peredaran hoaks obat palsu di jejaring sosial.

Menurut Iza, nantinya portal Stop Hoax itu akan menampilkan deretan tautan berita lengkap dengan deskripsi singkat apakah situs tersebut hoaks atau tidak. Pengguna akan diarahkan langsung ke tautan berita agar dapat langsung mengetahui kebenaran berita tersebut.

Sebelumnya, Kominfo telah meluncurkan JPP.go.id (Jaringan Pemberitaan Pemerintah). Salah satu kanal dalam situs tersebut menampilkan berita hoaks dan asli. Dengan dirilisnya portal Stop Hoax, kanal tersebut akan melebur.

Guru besar Ilmu Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Adrianus Meliala, menilai ujaran kebencian adalah senjata yang cukup ampuh untuk menjatuhkan lawan politik. Menjelang Pilkada 2018, kasus ujaran kebencian akan diperkirakan semakin marak terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here