Home Berita Pilihan Remaja 14 Tahun Ngebet Nikah Jadi Viral di Media Sosial

Remaja 14 Tahun Ngebet Nikah Jadi Viral di Media Sosial

SHARE
Buku Nikah (foto: beritacenter)
Buku Nikah (foto: beritacenter)

Bantaeng – Baru-baru ini, pernikahan pasangan remaja yang masih duduk di bangku SMP di Bantaeng menjadi viral di media sosial. Usia mereka masih sangat belia yaitu 15 tahun 10 bulan untuk calon pengantin pria dan 14 tahun 9 bulan untuk calon pengantin wanita.

Pada Kamis (12/4), mereka mendaftarkan perkawinan tersebut ke KUA Kecamatan Bantaeng. Mereka juga mengikuti bimbingan perkawinan.

Syarif Hidayat selaku penghulu fungsional pada KUA Kecamatan Bantaeng mengaku baru kali ini memeriksa berkas calon pengantin berusia belia. Dalam rilis yang dikeluarkannya pada Sabtu (14/3), dia mengatakan bahwa biasanya dia memeriksa berkas calon pengantin dengan usia di atas yang dipersyaratkan.

Pendaftaran pernikahan keduanya sempat ditolak oleh Pihak KUA setempat karena usia belum memenuhi syarat. Pihak KUA mengeluarkan blangko N9 atau penolakan pencatatan untuk menolak pengesahan perkawinan mereka.

Namun, pasangan tersebut terus berusaha dengan mengajukan permohonan dispensasi ke Pengadilan Agama Bantaeng. Permohonan keduanya dikabulkan.

“Sempat ditolak karena usia keduanya masih belum cukup, tetapi rupanya mengajukan dispensasi dan disetujui pengadilan agama,” kata Syarif, dilansir Kompas.

Dispensasi tersebut membuat pihak KUA tidak mempunyai alasan untuk menolak permohonan pernikahan keduanya. Menurut Syarif, setelah mencari informasi tentang kedua pasangan tersebut, dia tidak menemukan kejanggalan. Pernikahan ini bukan dilandasi atas perjodohan atau hamil di luar nikah tetapi atas keinginan kuat keduanya. Selain itu, pengantin wanita mengaku takut tidur sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here