Home Berita Pilihan 45 Rumah Terbakar Akibat Obat Nyamuk Bakar

45 Rumah Terbakar Akibat Obat Nyamuk Bakar

SHARE
Kebakaran Hebat Terjadi di Ternate (foto: Kompas)
Kebakaran Hebat Terjadi di Ternate (foto: Kompas)

Ternate – Puluhan rumah, tepatnya sekitar 45 rumah, warga di RT 03 dan RT 04 di Lingkungan Lelong, Kelurahan Kampung Makassar Timur, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Kamis (19/4) dini hari ludes terbakar. Tahun 2009 lalu, ratusan rumah terbakar habis di lokasi yang sama.

Menurut investigasi sementara, diduga api berasal dari obat nyamuk bakar yang mengenai kain gorden. Namun, investigasi lanjutan dibutuhkan untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran ini.

Ketua RT 04, Djaenudin Banapon, mengatakan bahwa menurut informasi yang didapatnya dari warga, api berasal dari ruang tengah rumah milik Muin. Pemilik rumah sedang menyalakan obat nyamuk bakar dengan kipas angin dalam kondisi menyala. Diduga, angin dari kipas tersebut menyebabkan obat nyamuk bakar mendekati kain gorden dan kemudian membakar gorden tersebut.

Warga mengaku melihat gumpalan asap keluar dari rumah Muin. Warga pun kemudian melihat kondisi rumah Muin dan mendapati api sudah membesar. Mereka lantas berusaha membangunkan penghuni rumah dan beberapa warga lainnya meminta pertolongan.

Mereka juga berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun, usaha mereka sia-sia karena material bangunan dari papan dan angin kencang membuat api mudah sekali merembet ke rumah-rumah lainnya.

“Semua rumah yang terbakar bahannya terbuat dari kayu. Di RT 04 RW 02 sendiri, ada sekitar 15 rumah termasuk kos-kosan yang terbakar,” kata Djaenudin, dilansir Kompas.

Ketua RT 03, Sofyan, mengatakan bahwa ada sekitar 30 rumah termasuk kos-kosan yang terbakar di wilayahnya. Para warga kini diungsikan ke rumah tetangga atau kerabat dan keluarga terdekat.

Tiga unit mobil kebakaran dan satu unit mobil water cannon dari Polres Ternate diturunkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan api. Sekitar satu jam kemudian, api baru bisa dikuasai dan dipadamkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here