Home Berita Pilihan Facebook Diblokir Per 24 April? Ini Tanggapan Rudiantara

Facebook Diblokir Per 24 April? Ini Tanggapan Rudiantara

SHARE

Jakarta – Facebook dikabarkan akan ditutup tanggal 24 April 2018. Kabar ini viral di media sosial termasuk Facebook.

Apakah kabar ini hoaks atau fakta? Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, memberikan pernyataannya sebagai berikut.

Rudiantara diketahui tidak pernah menyatakan akan menutup atau memblokir Facebook pada tanggal 24 April 2018. Dia menyatakan tidak akan gegabah dalam memberlakukan sanksi blokir terhadap platform media sosial bikinan Mark Zuckerberg itu.

“Pemblokiran harus sesuai prosedur dan tidak gegabah,” kata Rudiantara, dilansir Tempo.

Rudiantara mengaku akan memberikan sanksi kepada Facebook jika diketahui platform media sosial tersebut dipakai sebagai sarana adu domba serta jika ditemukan adanya unsur pidana dalam kasus kebocoran data pengguna Facebook Indonesia.

Meskipun demikian, Rudiantara mengakui bahwa pihaknya belum menemukan adanya unsur penghasutan atau unsur pidana dari bocornya data pengguna Facebook Indonesia.

Sebelumnya, pihak Kemkominfo telah melayangkan surat peringatan pertama meminta Facebook mengaudit internal dan menyerahkan hasilnya kepada pihak pemerintah. Akan tetapi, Facebook tidak melakukannya hingga waktu jatuh tempo. Pemerintah akhirnya mengirimkan surat peringatan kedua.

Facebook ramai dibicarakan kembali saat kabar bocornya data-data penggunanya diketahui publik. Data-data profil pengguna Facebook, khususnya data Amerika, diketahui digunakan oleh Cambridge Analytica untuk bahan kampanye.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here