Home Peristiwa Bencana Alam Puluhan Rumah di Yogyakarta Rusak Akibat Puting Beliung

Puluhan Rumah di Yogyakarta Rusak Akibat Puting Beliung

SHARE
Ilustrasi Puting Beliung
Ilustrasi Puting Beliung

Jakarta – Puting beliung yang melanda wilayah Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Selasa (24/4) petang, membuat belasan atap rumah rusak. Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, fenomena angin kencang yang melanda wilayah tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Bayu Wijayanto selaku Kepala Seksi Darurat Logistik BPBD Kota Yogyakarta mengatakan bahwa ada sekitar 14 rumah mengalami kerusakan di bagian atap. Pihaknya juga mendata ada beberapa pohon di halaman warga yang tumbang karena terdampak puting beliung.

“Dari 14 rumah yang mengalami kerusakan, ada dua rumah yang kondisinya cukup parah. Namun, kami belum mendapat informasi apakah pemilik rumah akan mengungsi sementara atau tidak,” kata Bayu di Yogyakarta, Selasa (24/4) seperti dikutip dari Antara.

Untuk menanggulangi bencana ini, tim reaksi cepat BPBD Kota Yogyakarta berkoordinasi dengan pengurus RT dan RW agar logistik yang dikirimkan tepat sasaran. Bayu mengungkapkan bahwa kebutuhan yang cukup mendesak untuk disalurkan adalah terpal yang akan disalurkan ke warga yang atapnya rusak tersapu angin kencang. Sementara itu, warga bergotong royong membersihkan lokasi kejadian dari dampak angin kencang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), Sutopo Purwo Nugroho, turut menginformasikan bahwa angin kencang juga terjadi di wilayah Banguntapan, Kabupaten Bantul. Di kawasan tersebut, setidaknya atap 34 rumah dan sebuah gedung kampus diterjang puting beliung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here