Home Berita Pilihan Mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Divonis 3 Tahun Penjara

Mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, Divonis 3 Tahun Penjara

SHARE
Eddy Rumpoko (foto: Antara)
Eddy Rumpoko (foto: Antara)

Surabaya – Mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, dihukum tiga tahun penjara dan didenda Rp300 juta pada Jumat (27/4). Hak politiknya juga dicabut selama tiga tahun setelah menjalani hukuman penjara.

Keputusan tersebut dibacakan oleh hakim Unggul Warso Mukti di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya. Eddy dihukum karena terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 11 UU Tipikor.

“Hal-hal yang memberatkan terdakwa adalah tidak mendukung upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan pemerintah, mencederai amanat rakyat dan tidak mengakui perbuatannya, sedangkan yang meringankan, yaitu terdakwa berlaku sopan dan juga memiliki tanggungan keluarga, serta belum pernah dihukum,” kata hakim Unggul.

Vonis tersebut jauh lebih ringan daripada tuntutan jaksa yang menuntut delapan tahun penjara, denda Rp600 juta, dan hak politik dicabut selama lima tahun. Meskipun demikian, penasihat hukum terdakwa, Mustofa, maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta waktu untuk berpikir sebelum memutuskan menerima atau mengajukan banding.

Eddy Rumpoko disambut puluhan pendukungnya usai persidangan. Menurut Eddy, vonis majelis hakim merupakan jalan terbaik yang harus dia tempuh di akhir dua periode jabatannya sebagai Wali Kota Batu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here