Home Berita Pilihan Mudik Pakai Mobil Dinas PNS Dianggap Perilaku Koruptif

Mudik Pakai Mobil Dinas PNS Dianggap Perilaku Koruptif

SHARE
Laode M Syarief
Laode M Syarief

Jakarta – Laode M. Syarief selaku Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan bahwa penggunaan kendaraan dinas untuk kepentingan pribadi termasuk perilaku koruptif.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Asman Abnur, mengizinkan PNS menggunakan kendaraan dinas untuk mudik Idul Fitri. Namun, semua biaya transportasi menggunakan mobil dinas ditanggung sepenuhnya oleh pejabat yang bersangkutan.

Syarief, melalui pesan singkat pada Rabu (2/5), mengatakan bahwa mobil dinas seharusnya hanya digunakan untuk kepentingan dinas. Menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi dianggap sebagai pelanggaran nyata atas prinsip tata pemerintahan yang baik.

Di KPK, kata Syarief, mobil dinas hanya dapat digunakan untuk kegiatan kantor yang dilakukan di luar kantor KPK.

“Bahkan mobil dinas di KPK tidak dapat saya pakai untuk pergi pulang dari rumah ke kantor atau sebaliknya. Pimpinan dan semua staf KPK harus menggunakan kendaraan pribadi untuk perjalanan rumah-kantor-rumah,” katanya, dilansir CNN Indonesia.

Menteri PAN-RB berencana merancang aturan tentang penggunaan mobil dinas untuk pulang kampung. Rancangan tersebut akan selesai dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here