Home Berita Pilihan Polda NTB Musnahkan Puluhan Ribu Miras Jelang Ramadan

Polda NTB Musnahkan Puluhan Ribu Miras Jelang Ramadan

SHARE
Pemusnahan Miras di NTB (foto: Kompas)
Pemusnahan Miras di NTB (foto: Kompas)

Mataram – Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) memusnahkan 13.837 botol minuman keras (miras) pada Rabu (16/5). Adapun miras yang dimusnahkan berasal dari berbagai jenis dan merek mulai dari miras tradisional seperti brem dan tuak hingga miras internasional seperti whiskey dan bur.

Pemusnahan tersebut juga terkait dalam rangka menyambut bulan Ramadan 1439 H. Direktorat Reserse Narkoba Polda NTB memusnahkan miras tradisional dengan rincian 5.672 botol brem, 4.168 botol ruak, dan 320 botol arak. Polisi juga memusnahkan 3.535 botol bir, 130 botol whiskey, dan 12 botol miras oplosan.

Menurut Kapolda NTB, Brigjen Achmat Juri, miras adalah pemicu maraknya tindakan kejahatan dan kekerasan terutama kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Jajaran Polda NTB terus melakukan upaya peredaran miras. Selain Polda NTB, aparat Kepolisian dan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di NTB juga melaksanakan operasi pemusnahan miras.

Jajaran Pemerintah Provinsi NTB dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) NTB, Syaiful Muslim, turut menyaksikan pemusnahan miras-miras ini.

“Ini adalah penyakit masyarakat yang selalu tumbuh dan kita tidak boleh capek memberantas penyakit masyarakat ini. Memberantas miras ilegal dan miras oplosan,” kata Achmat Juri, dilansir Kompas.

Sementara itu, Syaiful Muslim meminta masyarakat NTB untuk menyadari bahwa ikon daerah NTB adalah sebagai daerah religius. Dia berharap peredaran miras di wilayah NTB terutama di Kota Mataram, Lombok, bisa ditekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here